Selasa, 28 Januari 2014

Tips Menghindari Pembunuh Berdarah Dingin (Rokok)

Oleh :
Mutia Sari

Bahan - bahan yang ada dalam Rokok

Rokok terbuat dari pada sejenis daun tembakau yang mengandungi bahan nikotin, tar (candu) dan karbon monoksida. Ketiga-tiga bahan ini amat merbahaya kepada kesihatan tubuh badan. Kita dapat melihat orang merokok di merata tempat sama ada di kampung, bandar dan sebagainya. Masyarakat atau perokok menjadikan kelakuan merokok sebagai satu cara hidup mereka.

Rokok dalam kehidupan sehari-sehari, terkadang (bagi perokok) adalah kebutuhan yang kedua setelah Ia mengutamakan kebutuhan pertamanya (makan). Bahkan ada juga sebagian orang terkadang sewaktu-waktu rokok menjadi kebutuhan pertamanya. 

Seperti kata Pepatah (Perokok), "Putus Cinta sudah biasa, putus rem musibah namanya, putus lampu gelap jadinya tapi putus rokok matilah kita". 

Wow.... itulah pepatah seorang perokok tanpa memikirkan kesehatan. 


Sebenarnya rokok itu lebih sadis dari pembunuh bayaran, dimana rokok membunuh dengan perlahan-lahan tanpa kita sadari. Akan tetapi ada juga sebagian dari perokok itu berusaha untuk 'Berhenti Merokok' akan tetapi masih mengalami 'kesulitan'. 

Bila anda mempunya niat untuk berhenti merokok, akan ku coba berbagi tips untuk anda para perokok yang berkeinginan berhenti merokok.


Niat Sungguh-sungguh Untuk Berhenti Merokok

Dalam Agama Islam pun telah menegaskan bahwa semua perbuatan itu mesti dimulai dengan niat. Bila niat itu ada maka Yakinlah bahwa dari niat tersebut pasti akan memperoleh balasan dan akan menemukan jalan sesuai dengan apa yang kita niatkan.

Dari Umar bin Khathab, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيِهِ


“Sesungguhnya segala amalan itu tidak lain tergantung pada niat; dan sesungguhnya tiap-tiap orang tidak lain (akan memperoleh balasan dari) apa yang diniatkannya. Barangsiapa hijrahnya menuju (keridhaan) Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya itu ke arah (keridhaan) Allah dan rasul-Nya. Barangsiapa hijrahnya karena (harta atau kemegahan) dunia yang dia harapkan, atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu ke arah yang ditujunya.”



Belajar Membenci Rokok

Benar kata orang itu, bila hendak meninggalkan sesuatu, maka munculkanlah rasa benci terhadap apa yang hendak kamu lupakan. Begitu juga untuk meninggalkan rokok. Memang terkadang sebagian orang itu, mengatakan "sulit untuk membeci rokok" bila Ia sudah merasa kecanduan atau mempunyai ketergantungan. Tapi apa salahnya untuk belajar membenci rokok dengan cara,
- Seringlah membaca artikel tentang bahayanya rokok.
- Anggaplah rokok itu sebagai pembunuh berdarah dingin
- dan lain sebagainya tergantung dengan cara anda sendiri.


Bergaullah Dengan Orang Yang Tidak Merokok (SEPERTI SAIA HAHA)

Bergaul dengan orang yang tidak merokok itu akan sedikit membantu anda untuk tidak mengosumsi rokok. Misal Anda berteman dengan seseorang yang sangat - sangat alergi dengan asap rokok. Sehingga dengan demikian anda akan berupaya untuk tidak merokok walaupun cuma sesaat bersama Dia. Karena dengan upaya yang akan lakukan tersebut, anda sudah mulai belajar untuk berhenti merokok. Kalau sebelumnya satu 5 batang/jam ketika bersama dengan orang yang andi dengan asap rokok pasti berkurang, katakanlah 1 batang/jam.


Sering-sering Pergi Ke Ruang Ber-AC

Untuk hal satu ini tentu anda sudah tahu, kenapa merokok diruang ber-AC itu sangat dilarang? Ya salah satu alasanya dari saya yang Awam ini, karena Air Condition (AC) tersebut hanya ditempatkan ditempat yang tertutup, Sehingga dikal Anda merokok dalam ruang ber-AC, asap rokok tersebut tidak mengendap dan akan menjadi racun bagi orang yang berada dalam ruang ber-AC tersebut. 


Pindahkan / Tinggalkan Semua Yang Berhubungan Dengan Rokok

Ketika Anda merokok pasti ada pengiring rokok, katakanlah dari segi minuman seperti Kopi atau minuman - minuman lainnya harus di tinggalkan, sedangkan hal - hal yang berhubungan barang, seperti Asbak, Filter eksternal rokok, Mancis dan barang - barang lainnya juga demikian jauhkan dan buanglah semuanya.


Jika Ingin Merokok, Tundalah 10 Menit Lagi

Terkadang hal ini lah yang sering anda abaikan tatkala hasrat ingin merokok itu memaksa anda. Bila anda sudah berkomitmen untu berhenti merokok, Jalankan prinsip yang satu ini agar anda terbiasa untuk menunda keingin merokok. 


Beritahu Teman dan Orang Terdekat Kalau Kita Ingin Berhenti Merokok

Nah, untuk hal satu ini mungkin membutuhkan sedikit kesabaran. Kenapa? Pasalnya ketika anda mengatakan berhenti merokok, teman-teman sekitar anda atau teman dekat anda yang perokok pasti akan menertawakan anda dengan berbagai gonjang - ganjingnya. Bila anda anda tidak memilki rasa sabar mungkin anda akan melawan dengan sikap emosi atau terkadang mengalah yang disertai gengsi dan melanggar komitmen anda sendiri, sehingga dengan gengsi tersebut, tatkala teman anda menawarkan rokok, tanpa sadar anda telah mengulanginya lagi untuk merokok.

Akan tetapi bagaimana juga untuk menepis gonjang - ganjing dan celoteh tersebut? Yang pastinya kedepankan rasa sabar anda dan ingatlah komitmen yang telah anda tanamkan dalam diri anda.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an berikut ini.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُون٠

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah dan kuatkanlah kesabaranmu…” (QS. Ali Imran: 200)

Maka bersabarlah karena semuanya itu hanya cobaan, Serta yakinlah bahwa itu adalah cobaan, sebagaiman Firman Allah firman dalam ayat yang lain :

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ 

الصَّابِرِينَ

“Sungguh, akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan, berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)


 Kurangi Jumlah Merokok Sedikit Demi Sedikit

Mengurangi jumlah rokok yang anda konsumsi sedikit demi sedikit. Kalau biasanya 1 (satu) bungkus/hari, mulai sekarang kurangi minimal cukup dengan 3 (tiga) batang/hari, kemudian 1 (satu) dan terakhir 0 (nol) batang/hari. Dengan demikian upaya anda untuk meninggalkan rokok itu bisa terimplementasikan dengan baik. 


Hilangkan Kebiasaan Bengong atau Menunggu

Ya,, terkadang waktu - waktu seperti inilah yang kerap menyapa anda. Yang perlu anda ketahui bahwa dikala bingung itu tiba terkadang kita lupa jadinya, sehingga sering hasrat untuk merokok itu timbul disaat seperti ini. Apalagi disaat sedang menunggu sesuatu, terkadang kita sering memamfaatkan momen ini untuk ditemani oleh sebatang rokok. Ya walau hanya sebagai teman sesaat akan tetapi hal ini akan membuat kita terulang dan terbiasa untuk mengisi waktu tersebut dengan sebatang rokok, 2 (dua) dan seterusnya tanpa kita sadari.


Sering-seringlah Cek Up Ke Rumah Sakit dan Konsultasi Kondisi Kesehatan

Sering-seringlah untuk Cek Up kondisi kesehatan, apakah jantung, paru-paru dan organ-organ dalam lainnya. Agar dengan Cek Up tersebut, sedikit tidaknya anda mengetahui kondisi kesehatan anda. Sehingga kesadaran akan timbul dalam diri anda, betapa pentingnya untuk menjaga kesehatan. Karena merokok merupaka salah satu  penyebab itu mengganggu kondisi kesehatan.


Beralihlah Untuk Cari Pengganti Rokok

Seperti yang biasa, bila anda mengisi waktu-waktu anda dengan rokok, sekarang mulailah berusaha untuk beralih dengan mengkonsumsi permen atau sejenisnya yang mengandung gula. Karena kebanyakan kasus yang sering kita dapatkan orang menggantikan rokok dengan permen. dan hal ini juga jauh lebih baik dibandingkan dengan rokok. Dimana bila rokok itu meninggalkan bau khasnya yang mengganggu aroma mulut tapi permen atau sejenisnya yang mengandung gula justru berbanding terbalik serta meninggalkan aroma wangi dan fresh.

Coba dan Coba Lagi Jika Masih Gagal

Bila anda telah melakukan trik atau tips yang saya berikan tadi, jangan pernah sekali-kali berputus asa. Karena orang-orang yang berputus asa adalah orang - orang yang sesat. sebagaiman firman Allah dalam Al Quran :

قَالَ وَمَنْ يَقْنَطُ مِنْ رَحْمَةِ رَبِّهِ إِلَّا الضَّالُّونَ

“Ibrahim berkata :’Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Rabbnya, kecuali orang-orang yang sesat.’”(Q.S. Al Hijr: 56)

Didalam ayat yang lain Allah juga telah firman :


وَلَا تَيْأَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِنَّهُ لَا يَيْأَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ


“Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.”(Q.S. Yusuf : 87)

Nah, dari ayat tersebut diatas, apakah anda termasuk dalam golongan tersebut? Pikir dan renung kembali !!
Ingat berusaha dan terus mencoba adalah ciri-ciri orang yang mendapat Rahmat-Nya.


Sekian..

Salam Sukse
by ; Mutia Sari
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar